Pesantren Garogol official website | Members area : Register | Sign in

Wasiat Abu Bakar RA ( Tentang ) Perang

Saturday, November 26, 2011

Share this history on :

images "Aku berwasiat kepadamu tentang sepuluh hal : jangan membunuh perempuan, anak-anak, orang tua jompo, jangan memotong pohon berbuah, atau merobohkan rumah, jangan membunuh kambing atau unta, kecuali untuk dimakan, jangan membakar pohon kurma atau menenggelamkannya, jangan menganiaya dan jangan berbuat khianat" – ( Tarikh At-Thabari Bab Thahaqat ).

Atau Umar bin Khattab RA melarang membunuh anak-anak dan pelayan, bahkan dalam sebuah riwayat Umar Bin Khattab memberikan riward bagi prajuritnya yang membunuh anak-anak akan di bunuh pula.

Sedangkan dalam al-Qurtubhi – yang diriwayatkan Ibnul Munzhir, Umar bin abdul aziz ( khalifah terbaik dari dinasti ummayah ) pernah berkata : "Bertakwalah kamu kepada Allah dalam hal anak-anak dan para petani yang tidak mengangkat senjata melawan kamu (peliharalah nyawa mereka)".

Perang memang kejam dan bengis, namun ketika perang menjadi salah satu yang terakhir sebagai “jalan keluar” dari konflik, maka para pemimpin dan penguasa harus menghormati kesepakatan universal yang ada.

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment

Dari Redaksi

NyantriTek